Senin, 15 Desember 2008

Tambang Emas Diupayakan Legal


* Wabup: Tim Akan Turun ke Gunong Ujeuen

Serambi , 15 Desember 2008
CALANG-Pemkab Aceh Jaya masih terus melakukan koordinasi dengan lembaga teknis untuk mengupayakan lokasi tambang emas di Gunong Ujeuen, Kecamatan Krueng Sabe tetap bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat. “Tim Pemkab dan Dinas Pertambangan Pemprov sudah sudah duduk bersama guna turun ke Gunong Ujeuen,” kata Wakil Bupati Aceh Jaya, Zamzami A Rani, Minggu (14/12).

Menjawab Serambi, Zamzami menyatakan prihatin dengan korban jiwa di lokasi tambang mas Gunong Ujeuen yang sudah beberapa hari terakhir kembali diserbu warga pascaditutupnya lokasi itu oleh Pemkab beberapa pekan lalu. Tim dari Pemkab dan Dinas Pertambangan Aceh sudah duduk bersama beberapa hari lalu guna membahas lokasi itu sehingga dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lokasi lapangan kerja.

Namun, tim juga mengkaji apakah dimungkinkan atau tidak untuk tetap digali oleh warga tetapi tidak merusak lingkungan setempat. Bahkan, jelas Zamzami harapan tidak terjadi lagi longsor sehingga lokasi Gunong Ujeuen benar-benar bermanfaat, sebab masyarakat kini sangat berharap lokasi itu bisa digali guna menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hasil koordinasi dengan masyarakat menyimpulkan korban yang meninggal di lokasi Gunong Ujeuen memang dalam keadaan sakit. Dan ia berhadap tim bersama yang akan ke lokasi dapat membawakan hasil yang baik dengan harapan bisa legal digali oleh masyarakat.

“Jadi memang serba salah, warga di lokasi itu menggali sebagai pekerjaan sehari-hari menutupi kebutuhan hidup karena sulit mencari pekerjaan lain,” sebut Zamzami.

Sumber di Krueng Sabe menambahkan pada Minggu (14/12) lokasi Gunong Ujeuen tetap dipadati warga menggali batu emas. Mereka juga prihatin terhadap meninggalnya lagi warga di lokasi yang merupakan musibah kedua dalam beberapa waktu terakhir.

“Korban yang meninggal itu memang dalam keadaan sakit, jadi ia tetap menggali sehingga meninggal di lokasi,” tukas Razali, tokoh warga Kecamatan Krueng Sabe.

Seperti diberitakan seorang warga Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, M Yusuf Ali, Sabtu (13/12) sore menjadi korban di lokasi penambangan emas Gunong Ujeuen. Korban meninggal diduga karena kelelahan dan sakit. Sebelumnya, korban yang meninggal Abdurrahman warga Mon Mata Kecamatan Krueng Sabe karena tertimbun longsor ketika sedang menggali. Pascamusibah itu, lokasi tambang ditutup, tetapi dalam beberapa hari terakhir kembali diserbu warga.(riz)

Tidak ada komentar: